[Opini] CBR 150 vs YZF R15 siapa best design?

myaplusinfo.com- walau gelombang beritanya sudah pudar namun kedua motor ini merupakan…. saya rasa merupakan perwakilan ego, dari dua pabrikan terbesar di sini!
Mengenai siapa yang lebih oke sudah sering dibahas di blog otomotif indonesia, bahkan dengan data konsumsi bbm, akslerasi, ergonomi dll. Yup saya ga akan membahas itulah, saya cuma mau share opini saya dari hal dasar kita netapin pilihanlah….”cinta pada pandangan pertama” !

baca juga [Share] menerjang lubang bersama vario 110 !

sumber oto saya ambil dari motorplus.com

image

Sedikit tentang cbr150 lokal dulu yak gan. Awal saya ngelihat cbr lokal diparkiran minimart, kesan pertama, cbr1000rr banget yah. Penurunan skala dari versi 1000 cc nya pas banget gan.

image

Saya masih dapat menagkap efek cbr1000cc di versi 150 ini tanpa merasa aneh, baik itu penempatan ataupun dimensinya tidak ada yang mnentang logika saya….semuanya pas!
Perpindahan garis body terasa natural!
Namun kalo boleh jujur setelah vario series, lalu blade mendapatkan “dual keen eyes” efect dari cbr1000rr saya sedikit terbiasa dengan auranya.ohhh untunglah pada vario150 mereka(ahm) menambahkan kesan panigale di dalamnya.

baca juga Video Bagasi depan piagio liberty

Kesan agak janggal baru saya dapatkan ketika melihat bagian mesin yang mengintip dari fairing, saya pikir pilihan menanggalkan opsi rangka “delta box” pada versi lokal ini membuat bagian mesin terexpose membuat logika yang melihat tersadar ini cuma 150cc lho

image

Walau mesin cbr adalah 150cc terbesar. Namun tetap menjadi kontras dengan bodi besarnya. Terpikir, jikalau honda bisa membuat teralis-teralisan, kenapa kali ini mereka tidak membuat delatbox deltabox’an?

baca juga [Review] Piagio liberty 150 pemakaian jangka panjang

Ooh iya penampilan jok yang menyambung kog kurang mendukung aura motor “balap” nya ya? Kalo ini sebenarnya bisa diselesaikan dengan jok egois yang banyak variasinya. Walau saya berpikir di daerah ini honda terlalu simple, masih bisalah lekukan sederhana, lampu yang ga ngingatin si mega, dan sepatbor blakang yang ngegantung!

Now r15 time

image

Dari penampilannya kita tahu maksud hati ingin mereplika yzf r6, dengan bagian samping fairing 3 bagian nya!

baca juga OnePlus one flash sale pertama ! Beli ga?

Namun jikalau kita perhatikan fairing sampingnya bagian tenga dengan potongan memanjang dari depan ke blakang terkesan dipaksakan, tidak senatural versi600cc nya!
Namun disini dengan tambahan grill yang lagsung di sambung deltabox sukses menutup mesin 150cc sohc yang kecil, efek kopong disini dapat ditutupi oleh enginer yamaha.

image

Versi yang coba direplika R15

Sedangkan untuk bagian tampang depan, alias lampu! Desainer yamaha sepertinya kesulitan memindahkan lampu r6(atau r1) ke dalam si”vixion” ini!

image

Lampu pada r15 ini terkesan kepanjangan dan kebesaran karena ketika ditarik, design fairing ke samping, lekuknya seolah “dipaksa” langsung mengecil (walaupun ini sukses menutup sisi kopong) namun saya merasa yamaha bisa memperkecil design kepala keseluruhan agar perubahannya garis dari kepala ke fairing yang mengcover block mesin lebih natural!

baca juga Vario 150, 20 juta mahal ga seh?

image

bener – bener posisi paling pas

 

Nah ini dia sisi terbaik dari “vixionnya bollywood”
Pengendara lain yang diasapin dijamin tidak akan keberatan memandang buntut r15 berlama – lama.  Yamaha tahu betul apa itu arti sexy, sudah bukan keren lagi gan!
Ditambah jok yang “menjungking” wlaupun katanya masalah buat jiwa 40th saya berpikir ada ya yg  membeli fairing “nangung” 150cc jikalau tidak “berjiwa” muda?
Disambung dengan spatbor gantung yang minimalis, membuat ruang kosong yang langsung mengekspose “banana arm aluminium” (kenapa seh yamaha tidak mengecatnya merah).jadi terkesan solid,padat!.yang sukses membuat mata saya mengabaikan knalpot abstrak!
Dan melupakan bentuk lampu “hydrocepalusnya”


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Advertisements
This entry was posted in OTO News update, Otomotif, terbaru. Bookmark the permalink.

5 Responses to [Opini] CBR 150 vs YZF R15 siapa best design?

  1. Pingback: [Share] menerjang lubang bersama vario 110 ! | myAplusinfo.com

  2. Pingback: Hati-hati saya hampir beli xiaomi powerbank palsu! | myAplusinfo.com

  3. Ferdi says:

    kalo saya sudah jatuh cinta pertama kali pada si cbr, r15 tangkinya terlalu kurus menurut saya

    Like

  4. Pingback: Nyobain preorder android one | myAplusinfo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s